BACA CERITA PENGALAMAN LOMBA OLIMPIADE BAHASA JEPANG review

Pengarang : Syahrul Ramadhan
Sumber : Pengalaman




PENGALAMAN BERLOMBA SAMBIL BERIBADAH
(Fakta Dari Puasa Nazar)

Baik teman-teman semua kali ini saya akan menceritakan tentang pengalaman saya waktu lomba debat Bahasa jepang.sebenarnya sih yaaa saya tuh ngak mau cerita tapi..demi teman-teman saya akan ceritakan pengalaman saya yang keren ini
                Waktu itu di kelas saat sedang belajar yaitu pelajaran matematika,ada adik kelas ku memanggil aku ke kelas.terus saya Tanya ada apa dek? Lalu dia bilang “abg di panggil sensei puji.lalu saya pun datang kekantornya.sampai dikantornya sayapun bertanya“ada apa sensei? Lalu sensei ramdani jawab “tanggal 22 oktober 2016 nanti ada olimpiade Bahasa jepang di banda aceh tingkat provinsi,kamu mau ikut? Kata sensei puji kamu bisa Bahasa jepang.lalu isi hati menjawab (“waduhh..bisa sih bisa tapi itu kan udah lama,aku aja belajar bahasa jepang tahun 2015 lalu sama sensei puji”) terus aku jawab :”owh bisa-bisa,boleh tahu lombanya tentang apa ?” lalu sensei ramdani menjawab “tahun lalu lombanya itu : menulis huruf hiragana dan katakana,membaca,mendengar dan yang terakhir roleplay (drama),tapi ibu butuhnya 2 orang ,1 orang perempuan sudah bersedia,mungkin kamu bersedia?atau kamu mau ajak teman mu satu lagi”
                Setelah itu aku pun setuju tapi harus pake teman,mana pede gua lomba sama adek kelas perempuan lagi ntar lombanya kalah lagi,kalahnya gara-gara adek itu karena gugup ama guaa hahahahha HOAX..
                Baik saya lanjut lagi saya pun akhirya memanggil nico teman saya yang sudah sudah bertahun-tahun gayanya ngk pernah berubah…kata isi (ya allah mudah-mudahan jangan sampai nico membaca ini aminnn)
                Setelah aku panggil nico kami pun akhirnya mengikuti latihan,tapi latihannya bukan sama sensei puji.latihan nya itu sama sensei zakirah saya pertama belum mengenal sensei tersebut lalu isi hati saya berharap (ya alllah mudah-mudahan senseinya ngk galak) hehehe
                Setelah lama kami mengikuti latihan dan kami pun sudah kenal dengan sensei zakirah yang senseinya itu ngk jadi galak tapi periang kaye kami,,akhirnya kamipun sudah terlatih dan siap untuk tanding,tapi ada satu masalah kami siap untuk tanding tapi kami tidak yakin kami bisa menang.lalu aku bilang lah sama nico “co,gimana kalau kita bernazar aja?kita bernazar kepada allah kalau kita mendapatkan juara 1 atau 2 kita puasa selama 3 hari? Lalu nico menjawab “oke juga tu?
                Setelah jatuh tanggal 22 hari dimana hari keberangkatan kami.kamipun diberi semangat oleh pak said bapak yang paling keren di smk hahahah (kalau didengar pak said pasti kembang ni kepalanya hahahha)
Pak said bilang hanya satu kata yaitu “SEMANGAT!!” atau GANBATTE,yaa mendengar kata-kata itu kamipun jadi semangat dan semakin yakin.setelah itu kamipun naik ke bus dan berangkat menuju banda aceh.oke dibagian ini di skip aja yaah soalnya perjalanannya jauh.
                Setelah sampai di banda aceh,kami langsung istirahat dihotel menjelang metting.kemudian di waktu malam kami pun ikut metting,di metting tersebut kami dijadwalkan lomba pada tanggal 23 yaitu besoknya.lawan-lawan yang kami hadapi hanya 4 provinsi yaitu biruen,lokseumawe,dan tuan rumah banda aceh.tapi tidak menggetarkan semangatku untuk mengharumkan nama sekolahku SMK NEGERI 1 TAKENGON.
                Besoknya kamipun sudah siap untuk bertanding.dimana kami datang lebih awal ketempat lokasi.yaaa seperti pepatah bilang “seorang pemenang itu harus datang lebih awal” ntah itu benar atau tidak yaa akan kami buktikan.setelah lama kami menunggu datang seorang lawan kami dari bireun dan mengajak perkenalan menggunakan Bahasa jepang,tapi aku ngk mau nunjukin Bahasa jepang ku sama dia,dia kasih tahu nama nya pake Bahasa jepang,aku jawab pake Bahasa Indonesia.lebih baik pura-pura bodoh aja menurut aku.
                Setelah semua berkumpul kamipun akhirnya bertanding.pertandingan yang pertama kami hadapi adalah menulis huruf hiragana dan katakana dengan urutan yang benar.dan kami pun mulai bertanding huruf hiragana aku dan nico cepat kami selesaikan dan disusul satu orang dari banda aceh dan satunya lagi tidak siap.dari provinsi bireun dan loukseumawe tidak ada satupun yang berhasil.di babak kedua menulis huruf katakana aku tidak berhasil menyelasikan huruf tersebut,tapi nco menjadi kuda hitam dari smk n 1 takengon dia berhasil menyelesaikan huruf katakana dan disusul lagi satu orang dari banda aceh dan satunya lagi gagal.sekali lagi dari provinsi bireun dan loukseumawe tidak ada satupun yang berhasil.di babak menulis skor pertama sekolahku memimpin.dan pertandingan selanjutnya yaitu membaca huruf jepang.di situ hanya provinsi loukseumawe saja yang berhasil 3 provinsi termasuk provinsi ku gagal,dan disitu membuat hatiku gundah karena tidak aka nada lagi harapan untuk menang.dan kemudian pertandingan selanjutnya yaitu mendengar di pertandingan tersebut.2 provinsi berhasil yaitu provinsi lokseumawe dan aceh tengah provinsiku,dan 2 provinsi gagal tuan rumah dan biruen.selanjutnya di pertandingan terakhirnya roleplay atau drama.penampilan semua provinsi sangat bagus.kalau menurut aku penampilan tuan rumah paling bagus,tapi gagalnya saat wawancaranya.aduuhh pasti kesel amat tu senseinya….
                Penampilan dari provinsiku ada kesalahan didramanya,tapi diwawancara provinsiku berhasil menjawab semua pertanyaan yang diberikan juri tentang drama ku.setelah semua pertandingan itu kami jalan kan dan selesaikan.kami hanya tinggal menunggu pengumuman.
                Pengumuman jatuh pada tanggal 25 oktober 2015 di pengumuman tersebut kami banyak membawa tropy kemenangan yaitu juara 2 dari cabang debat Bahasa Indonesia,juara 1 presentation Bahasa inggris dan pengumuman selanjutnya dari perlombaan Bahasa jepang.pada saat itu kami hanya berharap bisa dapat juara 3 tapi.juri berkata lain juara 3 malah jatuh kepada tuan rumah banda aceh,dan setelah itu saat juri menyebut juara ke 2 kami tidak menyangka ternyata juara yang kami harapkan itu terwujud yaitu juara 2,juara 1 nya sudah pasti provinsi lokseumawe karena dipertandingan mereka hanya gagal lomba menulis saja yang skornya hanya 10 point,sedangkan kami gagalnya di membaca yang memiliki skor 30 point,yaaa hanya berbeda beberapa point saja.tapi dengan hasil kami tersebut akhirnya kami bisa mengharumkan nama provinsi dan sekolah…
                Yaa dengan hasil tersebut aku dan nico pun juga menepati janji kepada allah yaitu puasa nazar selama 3 hari.pada saat itu akupun percaya kalau kelebihan dari puasa nazar itu 100%  benar,tapi dengan catatan kalau ingin bernazar juga harus diringi dengan usaha,doa dan sholat ya kawannnn……

==T A M A T==


Pertanyaan dari cerita tersebut
Kenapa aku bernazar kepada allah cuma memintanya juara 1 dan 2? kenapa tidak juara 1 padahal bernazar itu kan sedikit bantuan dari allah?
MAU TAHU JAWABANNYA…….
ATAU MUNGKIN ADA YANG TAHU JAWABANNYA
Tanya di kolom komentar


Post a Comment

4 Comments